Pages

Sabtu, 17 Januari 2009

Perlunya Penanaman Moral Kembali Semenjak Dini

Kenapa?ya jelas karena di Indonesia sekarang ini telah terjadi dekadensi atau penurunan moral masyarakat secara luas. Hal ini disebabkan karena faktor lingkungan. Penanaman moral harus mulai digalakkan kembali. Sekarang ini banyak sekali remaja - remaja yang sudah tidak menghormati Para orang tua,Guru dan Orang - orang yang seharusnya mereka hormati. contoh dengan Guru saja kadang cara berbicara mereka masih kurang sopan,seakan - akan mereka berbicara dengan teman mereka sendiri,tidak ada rasa sopan santun sama sekali. Siapa siy yang salah?pastinya kita semua terlibat atas terjadinya hal ini.Ya,jangan hanya bisa menyalahkan satu pihak saja,kita juga harus berkaca pada diri kita sendiri,sudahkah kita menanamkan nilai moral untuk diri kita sendiri atau belum?Pada waktu saya masih SD sampai saya SMA para murid begitu hormatnya kepada Para guru,setiap kali mereka bertemu pasti akan menyapa dengan sapaan yang lembut misalnya" Selamat pagi pak" namun sekarang banyak sekali yang menyapa dengan gaya seenak sendiri,contoh "kemana pak!" kadang dengan nada yang tinggi,kalau didaerah tegal paling jelas sekali norma - norma kesopanan sudah mulai luntur,apalagi dilihat dari gaya bahasanya. Sebagai contoh dulu siswa biasa menyapa dengan bahasa jawa halus,sekarang dengan bahasa yang seenak sendiri. Tak jarang kadang Siswa juga berani membantah dan bahkan tak jarang juga yang menantang secara bahasa.
Apa yang mereka lakukan tak lepas dari tontonan mereka,mulai dari sinetron remaja sampai film- film. Disitu ditunjukan bagaimana seorang murid yang begitu cueknya dengan gurunya,anak SMP sudah berani membantah Gurunya,dan bahkan ditunjukan bagaimana anak - anak sekolah dini yang sudah berpacaran. Mau dibawa Kemana negara kita ini dengan tontonan yang sama sekali tidak mendidik seperti itu?

Tidak ada komentar:

Sample Text

Thanks Brother For Coming To My Blog,Matur Nuwun Sanget sampun ngunjungi Blogge dalem,Terima Kasih Tlah Mnegunjungi Blogspot saya,Makasih Ya Wis Ndeleng Blog ke Enyong